Home / Lampung / Kota Metro / Dalam Rangka HUT ke-87, Pemkot Metro Adakan Pengukuran Kebugaran dan Skrining Kesehatan Bagi ASN

Dalam Rangka HUT ke-87, Pemkot Metro Adakan Pengukuran Kebugaran dan Skrining Kesehatan Bagi ASN

Metro, Lampung – Srikandinews.com. Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan adakan kegiatan Pengukuran Kebugaran dan Skrining Kesehatan bagi ASN dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Metro ke-87 tahun 2024. Acara berlangsung di Taman Merdeka Kota Metro, Jum,at (14/06/2024).

Acara bertema “Ciptakan ASN sehat dan Unggul” dihadiri langsung oleh Walikota Wahdi Sirajuddin dan Qomaru Zaman, Wakil Walikota Metro, Forkopimda dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Camat serta Lurah se-Kota Metro.

Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin, menyampaikan, kegiatan tersebut selain dari bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah terhadap Kesehatan dan Kebugaran ASN dan juga merupakan rangkaian HUT Kota Metro ke-87 tahun.

“Kamarin Saya sampaikan seminggu yang lalu kepada Kepala Dinas, coba Kita perhatikan ASN Kita, kalau Kita punya ASN tidak berkualitas, artinya tidak sehat, ASN harus sehat baik spiritual dan jasmaninya, kalau tidak sehat Kita yang merugi, maka pemerintahan tidak akan berjalan,” kata Wahdi.

Selain pengukuran kesehatan juga ada skrining kesehatan dengan aplikasi Sipgar. Selain itu, Wahdi mengatakan, kesehatan harus dimulai pada diri sendiri.

“Kita jaga pola hidup, prilaku Kita, sehingga dengan sehat Kita bisa berfikir baik, memberikan manfaat,” ujarnya.

Menurut Wahdi, program seperti ini tidak harus pada HUT Kota Metro saja, tetapi Ia berharap rutin dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Kegiatan ini termasuk di dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program JAMA-PAI.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Eko Hendro Saputra, mengucapkan terimakasih kepada Walikota Metro yang telah memberikan dukungan.

Dikatakannya, kegiatan tersebut selain Pengukuran Kesehatan dan Skrining Kesehatan juga mensosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan Pemerintah Kota Metro.

 

“ASN yang sehat dan bugar sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas, jangan sampai ASN Kita tidak terdeteksi penyakitnya, sehingga bekerja tidak maksimal,” beber Eko.

Menurut Eko Hendro Saputra, kegiatan tersebut sangat penting dapat memberkan sosialisasi kepada ASN dan ke depan pada masyarakat. Karena kegiatan termasuk dalam lingkup Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Cek kesehatan secara berkala, itu sudah kita lakukan di Puskesmas, sudah rutin setiap bulan untuk di masyarakat, tetap untuk ASN momennya pas hari jadi Kota Metro ke-87. Kita semarakkan, salah satunya cek kesehatan pada para ASN,” ungkapnya.

Kepala Dinkes tersebut juga menambahkan, kegiatan-kegiatan PNS dan Masyarakat dapat hidup sehat dan dapat mewujudkan sehingga dapat mendukung Visi dan Misi Kota Bumi Sai Wawai.

“Dengan demikian Kita dapat mewujudkan Kota Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” tukas Eko Hendro Saputra. (Rusia).

Share this:

About srikaninews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *