Home / Batam / KRI Teluk Weda-527 Resmi Perkuat Jajaran TNI AL

KRI Teluk Weda-527 Resmi Perkuat Jajaran TNI AL

LANTAMAL IV Batam – Srikandinews.com. KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 resmi perkuat jajaran TNI Angkatan Laut, hal tersebut ditandai dengan acara Delivery yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto serta upacara peresmian KRI dan pengukuhan Komandan KRI oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang berlangsung di Galangan Kapal PT Bandar Abadi Jl. Brigjen Katamso KM.6 Tanjung Uncang Batam Kepri, Selasa (26/10/2021).

Acara Delivery diawali dengan Sambutan Komisaris PT. Bandar Abadi Stanly Rojali, pembacaan laporan pelaksanaan pembangunan kapal AT-8 dan AT-9 oleh Dansatgas Kolonel Laut (T) Riza Utama, Penandatanganan Berita Acara serah terima dari Kemhan RI kepada TNI Angkatan Laut, sambutan Menhan RI lalu ditutup dengan doa.

Sedangkan pada acara persemian KRI ditandai dengan penekanan tombol sirene bersamaan terbukanya kain selubung papan nama KRI serta pengukuhan Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Thomas Riyanto, M.Si.(Han) dan Komandan KRI Teluk Wondama-527 Letkol Laut Rizkal Fadlul Kamal, S.E., M.TR.Opsla oleh Kasal.

Dalam sambutan tertulisnya Menhan RI mengatakan” Kita patut berbangga kapal angkut tank ini merupakan hasil produksi industry pertahanan dalam negeri yaitu produksi PT.Bandar Abadi, hal ini membuktikan bahwa industri pertahanan kita mampu dan mandiri serta matang dalam melaksanakan pekerjaannya,” ungkapnya.

Sementara itu pada sambutan tertulis Kasal pada acara pengukuhan Komandan KRI mengatakan “KRI Teluk Weda-526 dan KRI Wondama-527 selanjutnya akan ditugaskan di wilayah Koarmada III, guna mendukung tugas pokok TNI dan TNI Angkatan Laut, salah satunya adalah untuk mendukung pergeseran material dan pasukan termasuk logistik didalamnya

“Luasnya wilayah perairan Indonesia akan membutuhkan ketersedianAlusista yang memadai, pembangunan kedua KRI, merupak wujud dari kemandirian industri pertahanandalam negeri yang selaras dengan kebijakan pembangunanNasional, dengan hadirnya KRI Teluk Weda dan KRI Teluk Wondama kiranya akan memperkuat Armada TNI Angkatan Laut dalam konsep pertahanan maritim Nasional,” pungkasnya.

Sebagai informasi bahwa nama KRI Teluk Weda dan KRI Teluk Wondama keduanya adalah nama-nama teluk yang berada di Provinsi Maluku dan Papua. Teluk Weda terletak di Kecamatan Weda Halmahera Tengah Maluku Utara yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya dengan dinding yang curam

Sementara itu Teluk Wondama diambil dari salah satu teluk yang terletak didaerahkepala burung Papua terkenal dengan surga terapung dekat dengan Raja Ampat merupakan salah satu Kawasan Taman Nasional.(Red/dispen_lantamal iv).

Share this:

About srikaninews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *