Home / Tanjungpinang / Lanud Raja Haji Fisabilillah, Adakan Open Base Dan Static Show Pesawat Hawk 109/209

Lanud Raja Haji Fisabilillah, Adakan Open Base Dan Static Show Pesawat Hawk 109/209

TNI AU. Tanjungpinang – srikandinews.com. Kunjungan Pesawat Hawk 109/209 Skadron Udara 1 “Elang Khatulistiwa” Di Tanjungpinang, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Nur Abadi.,S.T.,M.M menggagas penyelenggaraan Open Base dan Static Show untuk masyarakat Kota Tanjungpinang dan sekitarnya agar dapat melihat secara langsung alutsista pesawat kebanggaan TNI Angkatan Udara di Bandara Raja Haji Fisabilillah Kota Tanjungpinang. Sabtu (17/2/2024).

Kegiatan ini resmi di buka oleh Danlanud RHF di hadapan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad bersama Forkopimda Prov Kepri, Kota Tanjungpinang dan Kab. Bintan dan berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu 16-17 Februari 2024.

Kolonel Pnb Andi Nur Abadi mengatakan, salah satu tugas Pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah adalah pembedayaan wilayah dan pertahanan aspek dirgantara, selain menyelenggarakan dukungan operasi udara.

“Open Base dan Static Show ini diharapkan dapat meningkatkan minat dirgantara guna meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang,” ujarnya

“Selain tiga pesawat Hawk 100/200, Kegiatan Open Base dan Static Show ini juga melibatkan Pesawat Heli H-225m/h-2215 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya Bogor, dan Pesawat Hercules C-130 dari Skadron 33 Lanud Sultan Hasanudin Makassar”, Tutur Danlanud RHF dihadapan awak media.

Gubernur Kepri Bapak H. Ansar Ahmad mengapresiasi Lanud RHF sebagai pengagas acara ini. Ia mengatakan ini dapat dijadikan sebagai hiburan dan sarana pendidikan bagi masyarakat dan pelajar.

“Sekaligus membangun semangat kedirgantaraan bagi anak-anak kita, memperkenalkan beberapa alutsista yang hari ini digunakan” ucapnya.

Berbicara kedaulatan, Provinsi Kepri memiliki perbatasan semua negara Asean, sehingga perhatian pemerintah dalam hal intensitas pengawasan kewilayahan sangat diperlukan.

“Mudah-mudahan acara seperti bisa lebih banyak dilakukan. Kita Provinsi Kepri akan memberikan dukungan penuh. Karena 22 Pulau terluar kita penuh dengan berbagai macam potensi. Maka pengawasan melalui udara juga perlu di tingkatkan terus 2.408 Pulau harus kita jaga,” lanjutnya.

Tampak para Siswa-Siswi, anak-anak, dan ribuan masyarakat sangat senang dan antusias melihat Alutsista Pesawat TNI Angkatan Udara dan mengabadikan momennya dengan berphoto di depan Pesawat Hawk, Hercules dan Heli Caracal serta bersama Pilot dan Crew Pesawat yang hadir di acara Open Base dan Static Show oleh Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Kedatangan Pesawat Hawk 100/200 “Elang Khatulistiwa” di Kota Tanjungpinang adalah dalam rangka pelaksanaan misi latihan Maverick dan terbang jelajah. Misi dipimpin oleh Komandan skadron 1 Letkol PNB M. Syaifudin.

Misi ini dimulai pada tanggal 16 Februari 2024 yang melaksanakan terbang jelajah dan maverick dengan rute Lanud Supadio Pontianak menuju Lanud RHF Tanjungpinang dan dilanjutkan pada tanggal 17 Februari 2024 berangkat melanjutkan misi latihan dan terbang jelajah dari Lanud RHF Tanjungpinang menuju Lanud Roesmin Noerjadin Pekanbaru. (Red)

Share this:

About srikaninews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *