Home / Lampung / Bandar Lampung / Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Lampung Gelar Penganugerahan Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Lampung Gelar Penganugerahan Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya

Bandar Lampung – Srikandinews.com. Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Penganugarehan Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya yang digelar di Hotel D Green Bandar Lampung. Senin, 27 September 2021.

Acara ini digelar dalam rangka mewujudkan Perlindungan Konsumen di Indonesia.

Acara yang menampilkan 5 finalis dari 89 peserta yang sudah mendaftar dan mengikuti tes sebelumnya, berasal dari kalangan mahasiswa atau mahasiswi berusia maksimal 25 tahun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, mengatakan, kegiatan Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya tahun 2021 dengan tujuan melahirkan Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya yang dapat memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarakat agar menjadi konsumen cerdas yang mengerti hak dan kewajibannya sebagai konsumen sehingga mampu menjaga dirinya serta lingkungannya.

Selain itu menurut Elvira kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai hak dan kewajibannya sehingga dapat mewujudkan komunitas konsumen yang lebih cerdas, kritis dan memiliki kesadaran bertindak baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya dan mampu menghadapi pasar yang semakin terbuka, dan selanjutnya kepada pelaku usaha dapat meningkatkan kesadarannya untuk ikut berperan melindungi konsumen sehingga tumbuh sikap jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan usahanya.

” Kami berharap mudah-mudahan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat melahirkan Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya yang dapat menerapkan dan menginformasikan apa yang menjadi hak dan kewajiban kita sebagai konsumen baik untuk diri sendiri, keluarga, anak didik, lingkungan kerja dan masyarakat,” ujar Elvira.

Menurutnya, ke depan perlu untuk segera membentuk kelompok konsumen cerdas pada komunitas masing-masing, serta bersama-sama kita saling bahu-membahu agar keamanan dalam mengkonsumsi dan menggunakan barang dan/atau jasa di Provinsi Lampung terjaga dengan baik dan tidak menyimpang dari ketentuan undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum Lembaga Perlindungan konsumen Gerakan perubahan Indonesia, Muhammad Ali, S.H, ditunjuk sebagai Dewan Juri didampingi Ketua OKK, Abdul Aziz turut serta Ketua Bidang Investigasi Pusat, Abdul Gani

Berikut nama nama Pemenang dalam Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya

1). Juara 1, dinobatkan sebagai Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya 2021 diraih oleh Amin Khaerudin dari STAI Al Maarif kalirejo

2). Juara 2, Maaruf Firliansyah dari Universitas Muhamadiyah Pringsewu

3). Juara 3, Yolanda Sabrina Putri dari Unila

4). Juara Harapan 1 diraih oleh M. Hafidz Annazly dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

5). Juara harapan 2 diraih oleh M. Fahrurozi dari Universitas Saburai.  (Eka)

Share this:

About srikaninews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *