Home / Bintan / Pemprov Perlu Bersinergi Atasi Banjir di Tanjungpinang Bersama Pemko

Pemprov Perlu Bersinergi Atasi Banjir di Tanjungpinang Bersama Pemko

Bintan – Srikandinews.com. Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri Hanafi Ekra prihatin beberapa daerah di kabupaten dan kota di Kepri sering langganan banjir utamanya di ibukota Provinsi Tanjungpinang. Dia pun menyarankan agar Pemprov Kepri bersinergi dengan Pemko atasi problem ini dan segera merancang bersama-sama untuk memetakan daerah rawan banjir dalam bentuk peta bencana, Kamis (30/09/2021

“Saya lihat beberapa daerah seperti Tanjungpinang, Bintan dan Batam ketika hujan sedikit saja langsung muncul genangan air dan bahkan hingga banjir di jalan umum atau di perumahan, saya melihat hal ini tidak bisa diselesaikan secara parsial harus terstruktur, sistematis dan massif dimulai dengan menyusun peta rawan banjir seperti provinsi lain yang sudah terlebih dahulu memetakannya,” kata Hanafi Ekra.

Ekplorasi lingkungan seperti bauksit dan pasir menjadi salah satu penyebabnya menurut anggota legislatif yang terpilih dari Dapil Bintan dan Lingga ini selain memang kesadaran masyarakat dalam menjaga keseimbangan lingkungan atau sampah.

“Kita dewan ini sering dapat telepon dari masyarakat warga terdampak banjir untuk meminta bantuan materi, saya secara pribadi selalu membantu tapi ya semampunya tidak bisa banyak. Itulah sebabnya, saya mendorong Pemprov dan Pemda kabupaten dan kota di Kepri punya peta bencana banjir, sekarang belum terlalu parah tapi ke depan jika tidak punya dan antisipasi dari sekarang akan banyak korban nanti, lebih baik mencegah kan,” kata Hanafi Ekra.

Dengan adanya pemetaan daerah banjir tersebut Pemprov Kepri nantinya bisa mendesain juga bangunan atau kebijakan untuk mencegah dan menangani persoalan banjir.

“Kita di DPRD Kepri siap support kok membantu Pemda untuk bersama-sama menyelesaikan masalah banjir yang dirisaukan masyarakat ketika hujan lebat atau beberapa hari saja mereka langsung mengeluhkan masalah banjir ini, negara harus hadir dalam konteks ini,” tutupnya.(Riyadi)

Share this:

About srikaninews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *