Home / Nasional / Kepala Kalapas (Soetopo Barutu) Sebut Sudah Ada Lahan, Berharap Agar Pemerintah Membangun Lapas Baru Di Nias

Kepala Kalapas (Soetopo Barutu) Sebut Sudah Ada Lahan, Berharap Agar Pemerintah Membangun Lapas Baru Di Nias

Gunungsitoli – Srikandinews.com. Pengurus DPC LSM-NAWACITA Kota Gunungsitoli dan Beberapa Pengurus DPD Kepulauan Nias-Sumut, lakukan kunjungan kerja Dengan pihak Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunungsitoli dalam hal menjalin kerjasama yang baik Selasa 01/06/2021.

Pada kegiatan Tersebut di Pimpin langsung oleh Ketua DPC LSM-NAWACITA Kota Gunungsitoli Arius Mendröfa Bersama Bendahara Wardinar Hulu didampingi oleh Ketua, Sekretaris Serta Beberapa Pengurus DPD LSM-NAWACITA Kepulauan Nias lainnya

Setibanya di Lapas Gunungsitoli dan langsung disambut baik oleh Kasubag TU BZ. Gea dan juga Kepala Lapas Gunungsitoli Soetopo Barutu bersama jajarannya, dalam kesempatan itu sambil duduk dengan menikmati kopi dan teh hidangan Lapas setempat.

Disampaikan Ketua DPC LSM-NAWACITA Kota Gunungsitoli Arius Mendröfa tujuan dan maksud kedatangan team LSM-NAWACITA di Lapas Gunungsitoli dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi, sekaligus menyampaikan beberapa agenda kegiatan organisasi LSM -NAWACITA khususnya di Kota Gunung Sitoli umum nya di Kepulauan Nias.

“Kita datang disini bersilaturahmi dalam hal kegiatan organisasi dan juga kunjungan kerja untuk bisa menjalin kerjasama yang baik, sehingga apa yang diharapkan oleh pihak Lapas Gunungsitoli dalam mempublikasikan kegiatannya bisa kita bantu agar masyarakat tau dan juga pihak Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat dengan berbagai kegiatan di Lapas tersebut,” kata Arius Mendröfa Ketua LSM NAWACITA DPC Kota Gunung Sitoli kepada wartawan.

Sementara itu, Sekretaris DPD LSM-NAWACITA Kepulauan Nias-Sumut Sarofati Lase menyampaikan ucapan terima kasih sambutan hangat dari Kalapas Kota Gunung Sitoli bersama jajarannya

“kami sangat berterimakasih kepada pihak Lapas Gunungsitoli dalam hal ini Bapak Kalapas Gunungsitoli berserta staff yang sudah bisa memberikan kami kesempatan untuk bisa bertemu langsung sehingga kedatangan kami disini bukan karena ada sesuatu masalah tapi kami sebagai Lembaga yang melakukan tugas sebagai Kontrol Sosial baik di Pemerintahan dan juga Instansi lain yang bersifat kerjasama yang baik.” Tuturnya Sarofati Lase

Lebih lanjut lagi Sarofati Lase mengatakan, pihaknya sangat berharap agar kedepan apa yang sudah di sampaikan bersama-sama saat ini bisa menjadi salah satu beban dari LSM-NAWACITA untuk membantu Bapak Kalapas Gunungsitoli menyampaikan beberapa keluhan kepada Pemerintah Daerah baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Kota Gunungsitoli agar bisa lebih diperhatikan lagi Lapas ini.

“Karena Lapas, tempat Pembinaan para nara Pidana untuk mereka bisa lebih baik lagi bila sudah bebas dari masa tahanannya di Lapas Kota Gunung Sitoli ini,” tutur Sekertaris DPD LSM NAWACITA Kepulauan Nias.

Masih situasi yang sama, Kalapas Gunungsitoli Soetopo Barutu menyambut baik silaturahmi dari Pengurus LSM NAWACITA Kota Gunung Sitoli dan Kepulauan Nias. Dirinya dan jajarannya membuka diri untuk tercapainya program dan kegiatan Lapas Kota Gunung Sitoli yang berbeda dibawah Kementerian Hukum dan Ham yang Menterinya Bapak Yasona H. Laoly.

“kami sangat berterimakasih juga kepada pihak LSM-NAWACITA yang telah berkenan datang di Lapas Gunungsitoli, sehingga kami bisa sedikitnya terlepas beban curhatan apa yang kami mau rencanakan kedepan dalam memperjuangkan nasib Napi yang ada di Lapas ini termasuk bagaimana mereka bisa ada kerajinan tangan dan juga bisa menyelesaikan tamatan sekolah selagi masih dalam lapas, serta setelah keluar nanti bisa mereka berguna bagi masyarakat banyak yang ada disekitarnya.” Ungkap Kalapas Gunungsitoli

Lebih lanjut Kalapas Gunungsitoli mengatakan, Lapas Gunung Sitoli sangat mengharapkan perhatian serius dari Pemerintah Daerah, dimana ada beberapa wacana dan usulan seperti Pembangunan Lapas baru yang lebih baik lagi agar Napi yang berasal dari berbagai masalah bisa dipisah-pisahkan kedepan, sehingga lebih mempermudah memantau dan memberikan pembinaan dan pemberdayaan sesuai kemampuan masing-masing para napi.

“Kami sangat berharap hal ini bisa segera ada respon cepat dari Pemerintah, karena ada masyarakat kita yang telah mau memberikan lahan atau pertapakan bangunan jika ada Pembangunan yang baru dari Anggaran Pemerintah, yang artinya ada berbagai semangat dukungan penuh setelah kami melakukan komunikasi terhadap mereka masyarakat dan hal itupun tidak tanggung-tanggung luasnya dan juga sangat-sangat strategis.” Harap Soetopo Barutu Kalapas Gunungsitoli.

Setelah selesai pertemuan tersebut, maka team dari LSM-NAWACITA dan juga Kalapas Gunungsitoli bersama Kasubag TU Lapas Gunungsitoli langsung melakukan foto bersama sebagai tanda kebersamaan dan jalinan kerjasama yang baik kedepan.

(Red)

Share this:

About srikaninews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *